Khasiat dan Manfaat Biji Fenugreek

Khasiat dan Manfaat Biji Fenugreek :: Setelah kemarin saya menjelaskan mengenai khasiat tanaman kunci pepet, nah untuk di kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi tentang fakta unik mengenai khasiat dan manfaat biji fenugreek untuk dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan secara tradisional dan alami.

Fenugreek ialah tumbuhan dari family Fabaceae yang daunnya dan bijinya biasa dimanfaatkan sebagai obat herbal dan rempah. Fenugreek pun biasa dinamakan dengan kelabat, klabet dan pun methi. Wajib anda ketahui bawa rasa biji fenugreek tidak bisa dikatakan enak, karena cenderung pahit.

Umumnya produksi fenugreek terbesar di dunia dapat ditemukan di negara India, yang meliputi 80% dari total negaranya. Maka dari itu banyak sekali jenis makanan dan obat – obatan herbal dari india yang menggunakan bahan dasar fenugreek. Walaupun di Indonesia sendiri jarang, dan bahkan hampir tidak ada perkebunan fenugreek, namun tanaman ini dapat ditemui di pasar – pasar modern yang menjual berbagai kebutuhan dapur yang diimpor.

Fakta Unik Mengenai Khasiat dan Manfaat Biji Fenugreek

Fenugreek sendiri ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita dan juga sebagai bumbu masak.

Khasiat dan Manfaat Biji FenugreekDilihat dari kandungannya, biji fenugreek ini mengandung sejumlah zat seperti zat besi, magnesium, mangan dan tembaga, serta vitamin B6, protein dan serat makanan. Fenugreek juga mengandung sejumlah fitonutrien yang kuat, termasuk kolin, trigonelin, yamogenin, gitogenin, diosgenin, tigogenin dan neotigogen.

Secara umum khasiat dan manfaat biji fenugreek ialah dipakai untuk masalah pencernaan seperti kehilangan nafsu makan, sakit perut, sembelit, dan peradangan perut (gastritis). Herbal ini juga dipakai untuk situasi yang dapat memprovokasi kesehatan jantung seperti “pengerasan arteri” (artherosclerosis) dan tingkat darah tinggi guna lemak tertentu tergolong kolesterol dan triglsserida.

Fenugreek juga dipakai untuk penyakit ginjal, penyakit kelemahan vitamin yang dinamakan beri-beri, sariawan, bisul, bronkitis, infeksi pada jaringan permukaan kulit (selulit), tuberkulosis, batuk kronis, bibir pecah-pecah, kebotakan, kanker, dan merendahkan gula darah pada penderita diabetes.

Beberapa pria memakai fenugreek guna hernia, disfungsi ereksi, dan masalah lelaki lainnya. Wanita yang sedang menyusui terkadang memakai fenugreek guna menambahkan buatan ASI.

Fenugreek terkadang dipakai sebagai tapal guna mengobati nyeri enteng dan pembengkakan (peradangan), nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah jernih (lymphadenitis), nyeri pada jari kaki (gout), luka, leg ulcers, dan eksim.

Demikiannya informasi tentang fakta khasiat dan manfaat biji fenugreek untuk kesehatan yang bisa saya share kepada anda. Semoga bermanfaat 🙂 Salam sehat dari WALATRA BERSIH WANITA

:: Khasiat dan Manfaat Biji Fenugreek ::

Satu Basalan pada “Khasiat dan Manfaat Biji Fenugreek”

  1. Pingback: Khasiat dan Manfaat Daun Karet Kebo | Walatra Bersih Wanita

Tinggalkan Komentar